Monyet.

4 bulan yang lalu


Foto ini saya ambil di atas penginapan saya di Varanasi India, setelah si monyet mencuri minuman milik teman saya yang kebetulan jendela kamarnya terbuka. Monyet-monyet liar memang banyak berkeliaran di kota yang berada di pinggir sungai Gangga tersebut. Tingkah laku mereka kadang lucu tapi juga menjengkelkan. 

Monyet-monyet itu seringkali melempari pejalan kaki dengan sesuatu karena iseng. Suatu ketika seorang teman yang berada paling belakang saat berjalan beriringan, tiba-tiba mendapatkan hujan sampah. Dan saat menengadah tampak seekor monyet tertawa cekikikan sambil memegang tong sampah. Menyebalkan.

Musuh alami mereka adalah anjing-anjing liar yang juga banyak berkeliaran. Biasanya anjing berada di pihak manusia karena monyet lebih sering mencuri sesuatu milik warga. Jika terjadi pertarungan, anjing jarang mampu menaklukkan si monyet, karena anjing tidak bisa mengejar musuhnya tersebut. Andai mereka mempunyai kemampuan Spiderman untuk melompat dan mengayun ke tempat yang tinggi tentu bakal seimbang. 

Banyaknya gangguan monyet membuat jendela maupun atap rumah-rumah di Varanasi kebanyakan dilengkapi besi teralis. Kebetulan atap penginapan saya tidak ada besi teralisnya, tapi berupa tempat terbuka yang biasa dipakai duduk-duduk sambil berjemur menikmati matahari musim dingin. Hari-hari pertama menginap, saya perhatikan teman-teman yang tinggal di sana menjemur pakaian di atap juga, karenanya saya tidak ragu menjemur baju di sana usai mencuci. 

Setelah seharian saya tinggal pergi, sore harinya saya memeriksa jemuran saya. Seluruh pakaian masih berada di tempat yang sama, aman pikir saya. Namun keesokan harinya, saya baru menyadari ada yang berbeda dari baju bersih yang saya jemur kemarin saat memakainya. Seluruh kancingnya lenyap.

3  Suka  0 Komentar

Silahkan login atau mendaftar terlebih dahulu untuk memberikan komentar ke konten ini


Muchamad Nugie